Rabu, 23 Maret 2016

SI PRAKTIS POLRES TANBU PERTAMA DI INDONESIA

Lapangan Uji SIM Otomatis Polres Tanah Bumbu

Si PrakTis
Mengenal SiPrakTis (Sistem Praktek uji SIM Otomatis) Polres Tanbu

    Uji Praktik merupakan salah satu proses yang wajib dijalani oleh pemohon SIM sebagai salah satu tolok ukur penentuan dikabulkannya permohonan penerbitan SIM. Perkap No 9 Tahun 2012 Tentang SIM mengatur tentang prasarana, sarana serta materi Uji Praktik tersebut baik untuk golongan SIM A, BI, BII, C maupun D.

Polres Tanah Bumbu sebagai salah satu unsur pelaksana Uji Praktik SIM terus berinovasi melakukan optimalisasi pelaksanaan Uji Praktik dalam rangka menghadirkan suatu standar pelayanan kepada masyarakat pemohon SIM sehingga proses pelaksanaannya menjadi lebih cepat, akurat dan transparan dalam bentuk pembangunan Sistem Uji Praktik SIM Otomatis (SiPrakTis).

SiPrakTis merupakan terobosan kreatif Polres Tanah Bumbu yang memungkinkan dilaksanakannya kegiatan Uji Praktik SIM secara otomatis melalui penerapan teknologi informasi. Dalam SiPrakTis, proses penilaian materi uji yang sesuai dengan Perkap No 2 Tahun 2012 dilakukan secara terintegrasi melalui teknologi advanced sensing dimana setiap patok uji dilengkapi dengan sensor dan transmitter yang mampu mendeteksi jika peserta Uji Praktik menyenggol patok uji tersebut. Seluruh patok uji terhubung dengan processing unit yang mampu mengcover seluruh area lapangan uji dan dapat dipantau di pusat kendali oleh para petugas yang kompeten.

Pelaksanaan uji praktik sejalan dengan materi dan skenario sesuai Perkap No 2 Tahun 2012, baik untuk SIM A, BI, BII maupun C, sehingga penilaian yang dilakukan secara otomatis oleh sistem menjadi lebih akurat dan transparan serta lebih memberikan kepastian hukum. SiPrakTis juga memiliki kemampuan untuk melakukan penilaian sekaligus secara simultan bagi beberapa peserta uji praktik sehingga secara keseluruhan SiPrakTis menjadikan waktu tunggu / antri para peserta uji semakin singkat. Keuntungan lainnya dari implementasi SiPrakTis adalah mengeliminir potensi terjadinya pungli karena seluruh proses penilaian dilakukan oleh sistem.

Beberapa keunggulan SiPrakTis adalah sebagai berikut:

1. Menggunakan teknologi advanced sensing berbasis nirkabel terkini 

2. Seluruh komponen sistem menggunakan perangkat dengan sertifikasi IP67 sehingga       tahan terhadap iklim luar ruang dan cuaca 

3. Sistem dirancang sedemikian rupa sehingga pemeliharaan dan perawatan mudah dilakukan 

4. Terintegrasi dengan sistem audio-visual dan public address untuk kemudahaan penyampaian instruksi 

5. Materi Uji / Skenario Uji dapat dengan mudah dirubah untuk menyesuaikan dengan peraturan / juknis terkini 

6. Historical data peserta uji tersimpan dalam bank data 

7. Hasil penilaian peserta uji dilakukan secara otomatis dan langsung ditampilkan serta dapat dicetak 

8. Dapat melayani beberapa peserta uji sekaliguas secara simultan, sehingga waktu tunggu / antrian dapat diperkecil 

9. Mengeliminir potensi terjadinya pungli 

10. Dapat diintegrasikan dengan sistem lain baik yang existing maupun yang akan dikembangkan.


Polres Tanah Bumbu merupakan yang pertama di Indonesia yang mengimplementasikan Sistem Uji Praktik Otomatis ini. Diharapkan melalui SiPrakTis, maka produk SIM yang diterbitkan benar-benar didasarkan pada kompetensi peserta uji praktik yang pada gilirannya akan turut berperan dalam terciptanya ketertiban berlalu lintas di Indonesia.











0 komentar:

Posting Komentar